Maag Tenang Bersama Manuka Madu

Salah satu penyakit yang banyak terjadi di kota besar adalah maag ataupun gastritis. Penyakit yang satu ini sering menimbulkan rasa sakit di sekitar perut dan terkadang menuntut untuk berobat ke rumah sakit. Para penderita maag seringkali menghentikan pekerjaannya jika maag yang deritanya sudah kambuh. Umumnya, untuk menanggulangi rasa sakit, mereka mengonsumsi obat maag yang tersedia dan dijual bebas di warung atau di supermarket. Apakah kamu salah satunya?

            Maag atau gastritis sendiri terjadi akibat naiknya asam lambung yang membuat luka atau iritasi dinding lambung. Biasanya, penyakit ini terjadi jika kamu sering terlambat makan atau terlalu sering mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan asam lambung, seperti makanan pedas, makanan asam, maupun kopi. Ada juga kondisi maag yang disebabkan oleh bakteri di lambung. Biar begitu, jangan buru-buru makan obat, sebab ada Manuka Madu, obat alami maag dan gastritis. Memangnya, seberapa ampuh sih Manuka Madu memerangi maag dan gastritis? Yuk, cek ulasannya berikut ini!

Manuka Madu Teruji Klinis Meringankan Sakit Maag 

Banyak yang masih belum memahami bahwa madu bisa meringankan sakit maag. Namun, tidak semua jenis madu dapat melakukannya. Manuka Madu dapat meringankan sakit maag karena kandungan anti bakteria dengan kadar cukup tinggi di dalamnya.

Dilansir dari Healthline, kandungan anti bakteria yang terdapat dalam manuka madu dapat membunuh bakteri H. Pylori yang sering menyebabkan sakit maag dan gastritis dalam lambung. Sebuah studi pada tahun 2016 juga mengatakan bahwa bukan hanya menyembuhkan maag, manuka madu juga memperbaiki sel-sel pembentuk dinding lambung. 

Selain itu, kandungan Methylglyoxal berlaku sebagai senyawa anti peradangan yang membantu meredakan peradangan yang terjadi pasca maag dan gastritis terjadi. Senyawa ini menjadikan proses penyembuhan maag bisa berjalan dengan cepat. 

 Untuk menyembuhkan maag, kamu bisa mengonsumsi 1 sendok makan manuka madu secara langsung atau dengan mencampurkannya dengan cuka apel (apple cider vinegar) atau perasan lemon, 30 menit sebelum makan dan sebelum tidur. Kandungan asam dan vitamin C di kedua bahan tersebut bisa membantu kerja manuka madu dalam menetralkan asam lambung dan memelihara dinding lambung. Siap bebas dari maag yang menyiksa? Manuka madu solusinya! Selamat mencoba!


Sumber:

  • www.medicalnewstoday.com/articles/322740.php
  • www.healthline.com/nutrition/manuka-honey-uses-benefits#section4
  • www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5307292/